WORK FROM HOME

Bekerja dari rumah adalah salah satu himbauan pemerintah, bukan aja dari tingkat kota ataupun provinsi, tapi ini sudah benar benar himbauan bapak Presiden kita Joko Widodo. Hal ini sebagai akibat dari penularan virus corona yang semakin meraja lela diberbagai kota di Indonesia. Hmm.. tepatnya bukan lagi himbauan, tapi lebih kepada arahan atau instruksi gaes. Sangking seriusnya pemerintah menangani wabah corona virus atau covid-19 ini.

Kalau kita kaitkan dengan semangat dan gaya kerja di era 4.0, sebenernya kejadian luar biasa di negeri kita kali ini bisa kita sikapi sebagai momentum loh gaes. Coba deh bayangkan, andaikan bekerja dari rumah sudah menjadi habit atau kebiasaan sebagian besar masyarakat kita, tentunya instruksi ini nggak bikin galau sebagian besar masyarakat kita. Kenapa ? karena sebagian besar masyarakat kita adalah pekerja yang secara rutin musti hadir dan beraktivitas di kantor atau gedung-gedung perkantoran dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Dan jika mereka tidak bisa bekerja di kantor, maka akan ada sanksi administrasi, yang ujung-ujungnya sih sedikit banyak mengganggu dapur epkonomi keluarga mereka gaes.

Saat ini, para pekerja kantoran alias karyawan sudah diminta oleh perusahaan tempat mereka bekerja, agar dapat bekerja dari rumah. Berbagai bentuk komunikasi dan koordinasi lintas karyawan mengandalkan sistim online. Bersyukurlah bahwa teknologi dan alat kerja sudah memungkinkan untuk itu. Hampir setiap orang kususnya para karyawan memiliki smartphone bahkan laptop, sehingga video call dapat menggantikan meeting; pertukaran dokumen atau pendistribusian data bisa melalui email dan juga tehnologi cloud.

Semakin disadari bahwa kebutuhan jaringan internet bukanlah lagi kebutuhan mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan utama dalam pergerakan masyarakat kita.

Kebayang gak sih, jika tanpa teknologi seperti ini, pasti makin banyak orang-orang  bete di rumah tanpa tahu harus mau berkegiatan dan bekerja seperti apa. Buat aku pribadi, bekerja dari rumah bukanlah hal baru. Kurang lebih sudah kulakukan 10 tahun terakhir ini, aku memulai usaha bunga dari rumah saja.

Jadi gak perlu bete lah… enjoy ajaa gaeesss..

Be safe..  stay healthy !

Have your say