Indikator yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, siapa pun pelanggan Anda harus dilayani dengan baik. Jangan membedakan pelanggan satu dengan pelanggan lainnya. Tidak ada suatu alasan apa pun yang dapat Anda gunakan sehingga Anda bisa mengambil sikap untuk membedakan pelanggan Anda. Semua pelanggan memiliki andil pada perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Supaya lebih terfokus, Anda boleh membuat segmentasi atau pengklasifikasian pelanggan, berdasarkan umur, jenis kelamin, status sosial, dan lain sebagainya dengan tetap memberikan kualitas pelayanan yang sama.

Berikut ini ada beberapa hal terkait pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, yaitu:

Tempat
Dimana lokasi bisnis Anda? Lokasi strategis dan mudah dijangkau dapat membuat pelanggan merasa nyaman. Apalagi di area usaha Anda tersebut memiliki tempat parkir kendaraan yang cukup luas, aman dan nyaman.

Produk
Produk apa yang Anda jual? Ada nilai tambah apa pada produk Anda? Apa yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing? Apabila produk Anda unik, banyak memiliki nilai tambah bisa dipastikan pelanggan akan berlangganan.

Harga
Berapa harga yang Anda berikan kepada pelanggan? Sudah dipastikan bahwa setiap konsumen akan mencari harga termurah, termasuk Anda sebagai pelaku bisnis saat melakukan pembelian pasti mencari harga termurah. Perbedaan harga sangat penting diperlukan, misalnya pesaing Anda menjual bunga potong seharga Rp 150.000,- sedangkan Anda dengan barang yang sama menjual dengan harga Rp 149.999,- pasti akan terlihat perbedaan bahwa bunga potong yang Anda jual akan lebih banyak diminati konsumen.

Pelayanan
Pelayanan seperti apa yang Anda berikan kepada pelanggan? Siapa pun pelanggan Anda, baik tua atau muda, pejabat atau rakyat jelata semua suka mendapat pelayanan yang ramah, cepat, nyaman dan jelas.

Promosi
Promosi dapat menarik minat pelanggan untuk datang mencoba produk Anda. Promosi dapat dilakukan dengan memberikan diskon, hadiah, atau nilai tambah lain. Pelanggan akan sangat tertarik karena dengan biaya yang dikeluarkan dia memperoleh banyak keuntungan.

Bukti
Apa yang menjadi bukti bahwa usaha Anda patut untuk direkomendasikan? Tentu saja kepuasan pelanggan itu sendiri. Pelanggan adalah ibarat iklan berjalan. Apabila Anda dapat memberikan produk dan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, dengan sendirinya pelanggan Anda tersebut akan merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain yang merupakan calon pelanggan baru Anda.

Have your say