Anda Seorang Karyawan & Ingin Membuka Usaha Sendiri? Baca Artikel ini

Artikel ini semoga membantu Anda yang saat ini masih menjadi karyawan di sebuah instansi pemerintah atau perusahaan swasta, tetapi Anda ingin membuka usaha sendiri. Sebelum Anda memulai berbisnis, ada pertanyaan yang harus Anda jawab. Jawaban dari pertanyaan itu harus berasal dari hati sanubari Anda yang terdalam. Karena hal ini menyangkut kelangsungan hidup Anda dan keluarga.

Apakah membuka usaha memang menjadi kebutuhan Anda? Hal apa yang mendorong Anda sehingga memutuskan membuka usaha sendiri. Apa Anda memiliki impian yang sudah disusun dengan rapi dan hanya bisa terwujud bila Anda membuka usaha sendiri? Sedangkan bila Anda tetap menjadi karyawan Anda sama sekali tidak bisa menggapai mimpi besar Anda itu? Apabila jawabnya iya, memuka usaha sendiri memang merupakan kebutuhan Anda.

Ada yang bilang membuka usaha sendiri itu sulit, tetapi ada juga yang bilang mudah. Pada prinsipnya sulit atau mudah dalam menjalankan suatu usaha tergantung pada pelaku usaha itu sendiri. Sebagai pelaku usaha Anda harus siap mental, memiliki keyakinan tinggi, dan alasan yang kuat dalam mengelola usaha Anda. Tiga hal tersebut akan dapat menjadi faktor pendorong sehingga Anda tetap bekerja keras, ulet dan tidak mudah menyerah dalam menggapai mimpi-mimpi Anda.

Mulai dari sekarang Anda dapat menyusun strategi yang bisa Anda tindak lanjuti, perlahan tapi pasti. Lakukan tahapan-tahapan kerja yang sudah Anda susun dengan sebaik mungkin, seperti menentukan jenis produk atau jasa yang ingin Anda jual, belajar kepada orang lain yang sudah sukses dalam menjalankan usaha tersebut, mengikuti kursus, dll. Apabila Anda sudah merasa siap baik mental, keuangan, saran dan prasaranan, Anda dapat memulai membuka usaha Anda.

Anda harus ingat bahwa di dalam menjalankan suatu usaha, tidak selamanya Anda akan menuai kesuksesan apalagi Anda baru memulainya. Kegagalan pasti ada, begitu jga dengan kesuksesan. Anda harus siap mental dan sikapi kegagalan dengan bijaksana. Jadikan kegagalan sebagai batu pijakan Anda untuk belajar, menyusun ulang strategi, dan pengalaman dalam menggapai mimpi Anda.

Have your say