5 Dimensi yang Digunakan Pelanggan untuk Menilai Kualitas Pelayanan

Usaha di bidang florist maupun apapun, pelayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggan adalah poin penting. Menurut penelitian (Kotler, 1997: 175), ternyata 95% konsumen yang tidak puas lebih memilih untuk tidak melakukan pengaduan kepada pemilik usaha bila konsumen tersebut mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Bahkan sebagian besar langsung memilih untuk menghentikan pembeliannya.

Bagi seorang pelaku usaha tidak ada salahnya untuk mencoba melihat kinerja usahanya dari sisi konsumen, bukan? Berikut ini ada beberapa hal yang sering digunakan oleh konsumen dalam menilai kualitas pelayanan pada pelaku usaha.

  • Kehandalan, yaitu kemampuan memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan dengan akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan seperti ketepatan waktu dan pelayanan yang sama untuk semua pelanggan.
  • Ketanggapan, kebijakan untuk bersedia membantu dan memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan.
  • Kepastian, pemberi jasa harus memiliki pengetahuan yang cukup, ramah, dan melaksanakan tugas secara spontan, yang dapat menjamin kinerja yang baik sehingga menimbulkan kepercayaan pelanggan.
  • Empati, berusaha memberikan perhatian yang bersifat individual atau pribadi kepada konsumen dan berupaya memahami keinginan konsumen
  • Keberadaan, yaitu terkait penampilan pemberi jasa serta kemampuan baik sarana maupun prasaranan yang dapat diandalkan oleh konsumen sebagai bukti dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa.

Artikel ini ditulis oleh tim Stella Florist. Kami menerima membuka kemitraan untuk anda. Informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami.

Sumber: repository.wima.ac.id/berbagai sumber

Have your say