Kenapa Rangkaian Bunga itu “Jajanan” Mahal?

Sebuah rangkaian bunga memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya. Rangkaian bunga segar memiliki nilai tinggi jika dibandingkan bungna artificial atau silk flower istilahnya. Ini semua karena bunga segar memiliki siklus hidup atau siklus kesegarannya terbatas. Disinilah letak nilainya, dimana perubahan sejak bunga kuncup, mulai mekar dan hingga layu semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Namun sayangnya, untuk menikmati rangkaian bunga segar bisa dibilang tidaklah murah. Kenapa? Banyak faktor yang mempengaruhi nilai jual rangkaian bunga.

Pertama, penggunaan material floral atau bunga dan daun yang cukup variatif.  Bisa jadi dalam sebuah rangkaian menggunakan lebih dari 1 macam bunga, dan bisa jadi pula tiap macamnya terdiri lebih dari 1 warna. Ditambah pula varian daun-daunannya.

Setiap jenis bunga ataupun tiap jenis warna, harus kita beli per ikat yang mana isinya bisa terdiri dari 10-20 tangkai bunga. Sedangkan dari 1 ikat tadi mungkin kita hanya menggunakan beberapa tangkai saja. Syukur-syukur bisa dibuat rangkaian bunga lagi, jika tidak maka akan menjadi resiko kerugian bagi sang florist.

Selain itu, bunga dan daun segar itu produk natural, dimana hasil panennya tidak bisa dijamin menghasilkan bunga yang seragam kualitasnya. Banyak faktor pula yang mempengaruhinya, bisa kualitas bibit, cuaca, unsur hara yang ada, penanganan hasil panen dan lain sebagainya.

Sehingga dalam 1 ikat bunga, bisa jadi tidak bisa 100% kita gunakan dalam rangkaian. Mungkin saja karena bunganya kurang bagus atau proporsional bentuknya. Resiko-resiko semacam inilah yang sedikit banyak memmpengaruhi nilai jual.

Kedua, rangkaian bunga bukanlah produk pabrikan yang bisa di produksi atau dicetak secara massal. Dia dibuat secara detil dan hati-hati oleh sang perangkai. Tentunya ketrampilan merangkai ini membutuhkan proses dan biaya dong untuk mendapatkannya. Jadi sudah selayaknya lah kita pun harus menghargai karya sang perangkai bunga dan dikonversikannya kedalam rupiah.

Jadi wajarlah jika rangkaian bunga itu cukup berbiaya dan berdampak ke nilai jualnya yah teman-teman. Namun jika kita bisa menyiasatinya dengan tepat, resiko-resiko diatas tadi bisa kita siasati kok. Salah satu caranya dengan membuat sendiri rangkaian bungamu! Buat  kalian yang ingin beljar merangkai bunga dan atau ingin terjun ke bisnis nya, yuk gabung di kelas kami!

Have your say