Manfaat Menanam Bunga

Tanaman bunga sejak dulu memang digemari oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat. Selain memiliki warna yang indah, bunga juga bernilai ekonomis. Bahkan tanaman bunga digemari oleh semua kalangan umur dan tingkat sosial. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan menanam bunga:

Dapat memberikan peningkatan tata ruang dan lingkungan.
Adanya warna-warni di antara semak-semak dan pohon menimbukan daya tarik karena terlihat asri. Bunga dapat menjadi media hias baik di dalam maupun di luar ruangan. Beragam warna yang dimiliki tanaman bunga dapat mempercantik ruangan, jalan, dan lingkungan. Kegiatan menanam bunga secara bersama-sama dapat membuat lingkungan tempat tinggal tam[ak lebih menarik, menumbuhkan rasa bangga sekaligus lingkungan menjadi terlihat lebih terawat.

Memperbaiki suasana hati.
Tanaman bunga memiliki kemampuan menumbuhkan aura positif pada manusia sehingga manusia akan merasa lebih bahagia, sejahtera, dan damai ketika melihat tanaman bunga. Seseorang dapat berubah menjadi lebih raman dan bahagia ketika melihat pemandangan yang terdapat bunga dan pohon.  Emosi seseorang dapat dipengarungi oleh keberadaan tanaman bunga. Oleh karena itu, bila Anda mengalami kesibukan, penat dengan permasalahan sehari-hari sebainya Anda pergi ke taman bunga atau menanam bunga di taman. Hal ini merupakan penawar yang tepat untuk memperbaiaki suasana hati Anda.

Alternatif sebagai pengganti olahraga.
Kegiatan menanam bunga selain member dampak positif pada suasana hati, juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Di dalam kegiatan berkebun, aktifitas seperti menggali dan menanam dapat membakar kalori tubuh, meningkatkan elastisitas otot-otot tubuh. Hal ini dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Waktu yang ideal untuk menanam bunga, adalah pada saat hari mendung yang disertai dengan dekatnya waktu hujan dan suhu lingkungan tidak panas. Musim semi merupakan musim yang paling cocok untuk menanam bunga.

Mengurangi polusi udara dan mencegah erosi tanah.
Menanam bunga sangat bermanfaat bagi lingkungan. Selain memperindah tata ruang, tanaman bunga juga dapat mengurangi pencemaran udara di lingkungan. Ketika tanaman bunga mengalami proses fotosintesis, daun menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk bernafas. Selain itu, tanaman bunga dapat mengurangi terjadinya erosi tanah karena tanaman bunga dapat menahan tanah dengan baik.

Have your say