Pemasaran tepat sasaran

Saat memulai bisnis baru, mendatangkan pelanggan adalah hal yang utama, salah satunya adalah melalui pemasaran. Banyak cara dan strategi pemasaran yang bisa diambil oleh para pelaku bisnis maupun usaha, dari yang berbiaya sampai yang gratisan.

Berikut adalah beberapa langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan oleh sang pemula  untuk strategi pemasarannya:

1.  Riset Pasar

Riset pasar bisa dilakukan atau dikategorikan sebagai kegiatan pre-operasional usaha, riset pasar ini bisa dilakukan melalui survey dan pengamatan, bisa dengan penyebaran kuisioner, wawancara, maupun dengan metode lainnya. Tujuannya adalah untuk menganalisa potensi pasar dan siapa saja yang tertarik dengan produk atau jasa yang akan kita tawarkan.

Selain itu riset pasar juga bertujuan untuk mengetahui berapa harga yang layak untuk produk atau jasa yang akan kita tawarkan.

2.   Promosi termurah

Sebagian pelaku bisnis beranggapan bahwa lebih menarik promosi dilakukan dari mulut ke mulut (word of mouth effect) karena hal ini dirasa paling murah dan efektif. Jika produk atau jasa yang kita tawarkan memang berkualitas dan memuaskan konsumen, maka konsumen akan dengan senang hati merekomendasikannya kepada yang lain. So pasti, secara tak langsung konsumen sudah bekerja untuk kita.

3.  Manfaatkan media sosial

Sekarang sudah jamannya media sosial. Promosi melalui platform medsos menjadi pilihan menarik dan kekinian asalkan dilakukan dengan profesional sehingga tidak mengganggu kenyamanan maupun privasi orang lain.

4.   Situs online

Semakin banyaknya pengguna internet, promosi melalui internet juga patut dicoba. Selain media sosial, kita juga bisa membuat situs atau blog. Sudah sepantasnya bisnis baru memiliki website sendiri.

Tentu setiap bisnis dan usaha mempunyai strategi yang berbeda-beda… Namun yang pasti, apa pun bisnis dan usahanya kegiatan pemasaran merupakan hal yang kudu dilaksanakan. Jadi, sebagai pemula kita tinggal memilih cara mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan kantong kita tentunya.

Demikian halnya dengan Stella Florist, yang sedari awal memiliki trik “strategi” pemasaran tersendiri dalam memulai bisnisnya. Terlebih hanya dengan modal awal yang sangat terbatas (baca juga: sukses-bisnis-toko-bunga-dengan-modal-1-juta) Stella Florist tetap eksis dan berkembang hingga sekarang.

Jika anda ingin tahu tips and trick “strategi” apa yang dilakukan oleh Stella Florist!, Yuk ikuti workshop-nya “Cara Mudah Memulai Bisnis Florist” langsung dari founder-nya Stella Florist. Segera daftarkan diri anda sekarang di sini, karena kelas terbatas!

Have your say