Bisnis Florist di Rumah? Mengapa Tidak?

Saat ini industri kreatif sangat beragam jenisnya. Oleh John Howkins penulis buku The Creative Economy membagi sektor industri kreatif sebanyak 14 sektor diantaranya yaitu sektor arsitektur, pasar barang seni, periklanan, desain, kerajinan, fashion, video dan fotografi, permainan edukasi, musik, seni pertunjukan, percetakan dan penerbitan, layanan komputer dan software, televisi dan radio, riset dan pengembangan. Terjun di bisnis industri kreatif dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi mengisi sektor kebudayaan dan perekonomian.

Salah satu bisnis di bidang industri kreatif adalah bisnis kerajinan merangkai bunga (Florist). Bisnis ini dapat Anda kerjakan di rumah, khusunya bagi Anda para wanita yang mengalami keterbatasan manajemen waktu antara keluarga dan pekerjaan. Dengan menjalankan bisnis di rumah, Anda akan mendapat banyak keuntungan seperti dapat tetap mengurus keperluan harian keluarga, dan menjalankan bisnis dengan lancar. Bila perlu Anda akan mudah mendapatkan bantuan tambahan dengan mudah dari keluarga. Bahkan bila Anda seorang yang memiliki banyak relasi dan teman di tempat Anda tinggal, Anda dapat memberdayakan orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda untuk ikut membantu mengurus bisnis Florist Anda. Dengan begitu Anda sudah membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan, paling tidak bagi lingkungan sekitar.

Walaupun bisnis Florist tersebut Anda jalankan di rumah, namu tetap saja tidak boleh sembarangan dalam melakukan manajemen. Pastikan bisnis Anda tidak mengganggu waktu Anda dalam mengerjakan tugas-tugas pokok di rumah. Ingat bahwa bisnis Anda di rumah adalah pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan baiknya tidak terlalu mengekang sehingga Anda tetap dapat mengatur waktu untuk keperluar keluarga.

Semua jenis bisnis, terlebih lagi bisnis sektor industri kreatif harus dijalankan dengan disiplin dan kerja keras. Bila tidak bisnis tesebut tidak dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi, bila Anda memiliki passion di industri kreatif kerajinan merangkai bunga, tentu soal disiplin dan kerja keras merupakan hal yang selalu diterapkan tanpa diminta. Kecintaan terhadap suatu hal akan mengalahkan kepatuhan dan keteraturan pada sebuah sistem pekerjaan.

Have your say