Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Florist

Menjalakan bisnis memang gampang-gampang susah dari 100 orang pendiri bisnis, setelah satu tahun tidak lebih dari 30% yang masih bertahan. Kemudian dari jumlah tersebut berkurang lagi setelah lima tahun. Di dalam menjalankan bisnis selain memperhatikan produk, biaya produksi, dan pemasaran, Anda juga dituntut untuk waspada terhadap kompetitor, memperhatikan konsumen, berinovasi. Berikut ini ada 6 (enam) tips yang dapat Anda aplikasikan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Florist yang sedang Anda jalankan:

Berani mengambil risiko.
Sebagai pelaku bisnis jangan ragu untuk menunjukkan aksi, ide, ataupun gagasan Anda dalam menjual produk florist, meskipun ide Anda tersebut mungkin tidak akan berhasil. Kesempatan untuk bertindak dapat kita tentukan kapan saja, tetapi untuk mendapatkan peluang keberhasilan membutuhkan banyak kesempatan. Jika Anda hanya mengikuti ide yang menurut Anda pasti berhasil, Anda akan kehilangan banyak kesempatan yang dapat mengantarkan Anda pada peluang keberhasilan Anda.

Jangan menyesal bila ide Anda gagal
Anda harus siap menghadapi berbagai kegagalan. Keberhasilan bukan dicapai dengan tanpa kegagalan, keberhasilan hanya ditemukan oleh mereka yang siap gagal, pantang menyerah, dan optimis dalam menjalankan gagasannya. Penyesalan yang sebenarnya adalah ketika Anda tidak mencoba bukan ketika Anda gagal saat mencoba.
Promosi dari mulut ke mulut

Sebagus apa pun produk Anda, bila tidak dipromosikan dengan baik, barang yang Anda jual tidak akan diketahui konsumen apalagi dibeli. Nah, promosi yang paling efektif sebenarnya adalah promosi dari mulut ke mulut konsumen Anda. Konsumen yang puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan, secara sadar atau pun tidak sadar mereka akan sangat mudah dan senang mempromosikan produk Anda kepada orang lain yang mereka kenal seperti keluarga, tetangga, atau teman.

Mengutamakan konsumen
Pernah dengar dengan ungkapan “Pembeli adalah raja”? Di dalam dunia bisnis itu memang benar. Anda harus fokus terhadap kebutuhan konsumen terhadap produk florist. Jadikan konsumen merasa puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan.

Selalu berinovasi
Bila usaha florist Anda saat ini sudah berjalan dengan baik, jangan berhenti berinovasi. Salah satu kondisi yang dapat membahayakan jalannya suatu bentuk usaha atau bisnis yaitu bila pelaku bisnis tersebut tidak berinovasi dan berkembang. Selain itu, pelaku bisnis harus memiliki sifat keras kepala untuk tidak cepat menyerah dan sifat fleksibel untuk memudahkan dalam menemukan pemecahan dari suatu masalah.

Belajar dari kompetitor
Meskipun mereka adalah kompetitor, jangan pernah malu meniru perihal baik dari mereka yang dapat Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis Anda. Tiru perihal baik dari sebanyak mungkin kompetitor di bidang usaha florist di daerah Anda. Kombinasikan hal baik tersebut dan bumbui dengan inovasi yang berasal dari gagasan Anda sendiri. Kemudian berikan semangat dan teladan kepada pegawai Anda untuk bekerja keras dalam menjalankan usaha florist Anda.

Have your say