Tips untuk Memulai Usaha Dengan Dana Terbatas

Apakah Anda memiliki ide bagus tapi tidak memiliki cukup modal? Jangan sampai ide bagus Anda untuk membangun bisnis terhenti karena masalah modal. Karena suatu bisnis tidak hanya tergantung dengan besarnya modal, tetapi juga kemauan dan kerja keras.

Berikut beberapa tips  dalam menjalankan ide bisnis dengan dana terbatas.
1. Membangun bisnis yang berkaitan dengan apa yang Anda ketahui.
Usahakan jangan membangun bisnis pada hal di luar pengetahuan Anda, pastikan bahwa Anda membangun bisnis Anda sesuai dengan keterampilan dan pengetahuan yang Anda miliki. Semakin sedikit Anda harus bergantung pada orang lain akan lebih baik. Ketika bisnis Anda dibangun di sekitar keahlian pribadi Anda sendiri, dapat menghilangkan kebutuhan akan konsultan dan bantuan luar lainnya.

2. Beritahu semua orang yang Anda tahu (teman, sahabat, keluarga, dll) tentang bisnis Anda.
Informasikan bisnis Anda ke keluarga, teman, kontak bisnis dan teman lama. Sebarkan informasi tentang bisnis Anda melalui email dan profil media sosial Anda. Teman dan anggota keluarga dapat membantu Anda menyebarkan berita, dan rekan bisnis lama dapat memperkenalkan bisnis Anda ke kontak profesional mereka juga. Jenis pemasaran akar rumput dapat membantu memperkenalkan perusahaan Anda ke khalayak yang lebih besar.

3. Hindari pengeluaran yang tidak perlu.
Di dalam berbisnis Anda akan memiliki banyak biaya, dan ada beberapa yang tidak bisa dihindari. Hindarilah segala pengeluaran yang menyebabkan overspending sebisa mungkin. Hemat pada awalnya dapat menjadi perbedaan antara bisnis yang berhasil keberhasilan dengan bisnis yang gagal.

4. Jangan terjebak dalam utang kartu kredit.
Kartu kredit bisa menjadi dua belah mata pedang dimana dapat membunuh bisnis Anda atau dapat mensukseskan bisnis Anda ketika memulai bisnis. Komputer, peralatan kantor, telepon dan perlengkapan lain semuanya bisa dipenuhi dengan kartu kredit. Percayalah, bahwa dengan membeli semuanya itu dapat menjadi beban pendapatan bisnis Anda. Ketahuilah bahwa menghilangkan beban utang akan sangat meningkatkan peluang menciptakan bisnis yang sukses dari pada Anda memiliki banyak hutang.

5. Manfaatkan iklan gratis dan pemasaran.
Ada beberapa cara untuk menghasilkan buzz untuk bisnis Anda tanpa berurusan dengan bank. Ya, Media sosial adalah cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Anda juga dapat menjangkau media lokal dan menawarkan keahlian Anda. Terhubung dengan banyak kontak media lokal, Anda akan sangat responsif dengan permintaan mereka. Hal ini dapat membuat mereka menjadikan merek bisnis Anda sebagai otoritas lokal.

6. Bersiaplah untuk kerja keras.
Kerja keras adalah kebutuhan mutlak, tetapi ketika Anda memulai bisnis dengan modal sedikit atau tidak dengan modal maka Anda harus siap untuk mendedikasikan semua yang Anda miliki untuk membuat bisnis sukses. Andaakan membutuhkan sebagian besar waktu Anda dan energi jika ingin bisnis Anda sukse. Semua kerja keras di hari-hari panjang yang Anda lakukan tidak untuk apa-apa melainkan untuk membangun merek dan kerja keras Anda pada dasarnya meningkatkan nilai bisnis Anda.

Jangan biarkan modal terbatas mencegah Anda dari menjalankan bisnis. Apakah akan sulit dan Anda akan mengalami stres? Tentu saja, tapi itu bagian dari kewirausahaan. Apakah Anda memulai bisnis dengan modal keringat sendiri?

Atikel ini ditulis oleh Tim Stella Florist, saat ini kami juga menerima kemitraan dan membuka kursus merangkai bunga. Kemitraan dan kursus tersbut diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis florist. Untuk infomasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami.

Have your say