Tips Menggunakan Internet Secara Aman

Bagi para pebisnis online di era modern saat ini tentu penggunaan internet sangat banyak membantu. Internet memudahkan kita untuk mencari sumber informasi, sumber referensi, dan sebagai alat marketing yang sangat bisa diandalkan. Akan tetapi dari semua kelebihan yang dimiliki oleh internet ternyata ada beberapa hal dari sisi keamanan yang sering disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab yang dapat merugikan seperti hacking dan cyber crime.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya hacking atau cyber crime:

  1. Hati-hati saat mengunakan wifi gratis di tempat umum.
    Mungkin dari kita sering melakukan transaksi di cafe, restaurant atau mall. Sebelum ada masuk ke halaman website yang ada database penting milik Anda, pastikan jaringan wifi tersebut aman dan terpercaya.
  2. Jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun.
    Mungkin Anda kesulitan bila memiliki banyak akun dan banyak password. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti password manager atau one password untuk memanage password Anda. Kelengahan pengguna yang banyak memiliki akun dengan hanya satu password sering dimanfaatkan oleh peretas untuk meretas akun mereka.
  3. Jangan pernah menggunakan fitur otomatisasi simpan password pada browser atau aplikasi lainnya.
    Fitur otomatisasi simpan password mungkin terlihat memudahkan, tetapi hal ini sangat berbahaya ketika Anda meminjamkan gadget atau laptop kepada orang lain. Karena password anda akan terbaca di history sehingga sangat memungkinkan orang lain untuk masuk ke halaman akun anda.
  4. Tidak menggunakan pengaturan default pada media sosial.
    Kasus kejahatan di media sosial tidaklah sedikit. Mengatur ulang setting dan konfigurasi secara berkala akan meminimalisir orang yang tidak bertanggungjawab melakukan hack pada akun Anda.
  5. Melakukan back-up data secara berkala.
    Kehilangan data adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapa pun dan hal ini dapat terjadi karena faktor ketidak sengajaan. Oleh karena itu, selalu lakukan back-up data secara berkala. Selain itu Anda juga dapat menggunakan media penyimpanan gratis seperti Google Drive dan Dropbox.
  6. Mengaktifkan firewall dan rutin update Antivirus.
    Antivirus dapat membantu memblok dan membuat mode safe pada perangkat Anda ketika sedang menjalankan aplikasi terutama browser sehingga malware maupun virus tidak mudah untuk masuk. Virus maupun malware selain merusak perangkat juga dapa menghapus dan memodifikasi data.

Artikel ini ditulis oleh tim Stella Florist. Kami menerima membuka kemitraan untuk anda. Informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami.

Have your say