5 Langkah Awal Menjual Produk Secara Online

Teknologi semakin maju, media berbisnispun beradaptasi menjadi tidak melulu tatap muka. Bahkan usaha offline pun mulai “diganggu” para pemain online. Sebut saja yang lagi hangat yaitu ojek pangkalan yang tersaingi ojek-ojek online yang bahkan tidak punya armada sendiri. Cukup happening bukan?
Nah, berikut tips langkah awal yang bisa kamu lakukan jika ingin menjual produk secara online.

1. Siapkan Produk
Tentu yang harus dipersiapkan adalah adanya produk yang dijual. Produk bukan berarti harus membuatnya sendiri atau menstoknya dengan kuatitas banyak. Ingat, kamu baru memulai, pilihlah membuat sedikti produk dulu, drop shipping, menjualkan produk teman atau tetangga dan lainnya.

2. Perangkat Komputer, Memotret dan Koneksi Internet
Namanya juga bisnis online ya wajib butuh koneksi internet dan perangkat komputer. Maksimalkan perangkat gadgetmu misal dengan memotret dan mengeditnya sendiri sehingga produk yang ditawarkan bisa terlihat khas dan real.

3. Bukalah Iklan di Beberapa Marketplace
Tidak harus mempunyai website, saat ini beragam pilihan marketplace yang tersedia seperti Bukalapak, Tokopedia, YukBisnis dan lainnya. Tipsnya adalah jangan terlalu banyak membuka blog atau lapak-lapak yang malah akan menyusahkan update iklan nantinya. Pilihlah 3 – 5 marketplace terkenal atau yang cocok dengan produk anda dan kelolalah secara teratur.

4. Sounding Usaha Anda
Tak perlu ragu atau malu, yakinlah bahwa produkmu memang bagus. Promokan nama usaha atau produkmu di media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Agar terlihat profesional belajarlah dengan melihat beberapa Social Media perusahaan yang sudah terkenal bagaimana mereka mengelola media sosialnya.
Khusus Facebook, buatlah Facebook Page untuk bisnis bukan berjualan di wall profile pribadi. Jika mengunakan Facebook pribadi, sesekali saja giring teman-teman anda untuk bergabung sebagai fans Page usaha anda.

5. Tekad yang Konsisten
Saya jadi ingat quote “Dream can come true .. if we have the courage to pursue them” – Walt Disney.
Semangat untuk memaksimalkan langkah-langkah di atas menurut saya yang akan menentukan dengan kompetitor kamu. Jagalah tekad untuk memulai usahamu ini. Orang bisa saja memulai usaha apapun bahkan sama, namun kekonsitenan dan semangatlah tidak sama. Dan itulah yang membedakan hasilnya.

Artikel ini ditulis oleh Stella Florist Jakarta, usaha penjualan rangkaian bunga untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dan pelatihan merangkai bunga. Saat ini kami membuka peluang kemitraan usaha florist. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi kami.

Have your say