Tips Membangun Brand yang Tepat

Realitanya membangun, memiliki serta mengembangkan brand atau merek yang telah ada sebelumnya memerlukan strategi yang tepat. Berikut ini beberapa langkah tepat yang perlu Anda ketahui dalam membangun merek, diantaranya sebagai berikut:

  • Positioning yang tepat, caranya menempatkan posisi secara spesifik di benak pelanggan. Posisi yang spesifik memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap produk, perusahaan, kondisi pasar, tingkat persaingan, serta para konsumen. Langkah penting membangun positioning adalah menempatkan brand value supaya memberikan manfaat fungsional yang nomor satu di benak pelanggan secara konsisten. Menjadi nomor satu di benak pelanggan, harus menjadi nomor satu pula dalam berbagai macam aspek.
  • Brand value yang tepat. Setelah memiliki positioning yang tepat langkah berikutnya menentukan brand value yang tepat. Bila positioning adalah menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka brand value adalah membentuk brand personality. Brand value bisa berubah seiring selera, misalnya konsumen ingin tetap makan makanan sehat dengan menu pada umumnya. Maka brand value yang dapat dilakaukan adalah dengan menawarkan makanan sehat rendah garam.
  • Konsep yang tepat. Konsep tentu dapat berubah-ubah sehingga tahap ini membutuhkan kreatifitas dan ide yang inovatif. Konsep yang tepat dapat terwujud dengan menggabungkan positioning dan brand value. Bika konsep yang diterapkan sukses makan brand image dapat terus ditingkatkan. Misalnya pada perusahaan smartphone. Mereka akan terus melakukan inovasi (menambahan komponen terhadap produk sebelumnya) setiap periode dapat menawarkan seri smartphone terbaru. Hal itu merupakan contoh sebuah usaha untuk membangun brand yang kuat.

Langkah-langkah ini dapat anda kembangkan dalam membangun usaha florist Anda.

Have your say