Cara Menjaga Agar Pekerjaan tetap Selesai Ketika Bepergian

Salah satu tantangan bagi seorang pengusaha yaitu tetap dapat menyelesaikan pekerjaan ketika dalam bepergian. Adanya internet mungkin dapat membantu Anda dengan komunikasi melalui email atau media sosial. Akan tetapi bagaimana bila Anda melakukan perjalanan yang di daerah tersebut masih belum ada jaringan internet? Kalau pun ada, akses internet masih sangat lambat dan jauh dari tempat Anda berada.

Berikut ini ada tips bagi Anda untuk dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kegiatan bepergian Anda:
Apabila Anda memiliki pekerjaan yang memungkinkan untuk dikerjakan di awal dan dapat diatur sesuai dengan jadwal yang Anda buat, maka sebaiknya Anda selesaikan dulu sebelum bepergian. Mungkin Anda harus lembur penuh untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Anda dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi pendukung untuk mempermudah pekerjaan lembur Anda. Cara ini mungkin saja akan membuat Anda stress di awal, tetapi kegiatan traveling Anda tidak akan terganggu. Pekerjaan di bisnis selesai dan traveling pun tenang.

Hitung waktu bekerja Anda. Misalnya Anda hitung berapa lama Anda akan bepergian, kemudian berapa jam seharusnya Anda bekerja dalam waktu bepergian itu. Cari selisih dari kedua waktu tersebut. Lalu waktu hasil selisih tadi dapat Anda tambahkan pada jam-jam lembur Anda baik sebelum maupun setelah liburan selesai.

Memesan tiket bepergian yang tepat. Anda harus menghitung dengan tepat lama perjalanan dan kapan Anda akan sampai di tempat tujuan. Misalnya Anda bekerja keras pada malam hari, maka pilihlah penerbangan pagi sehingga pagi hari Anda dapat tidur di pesawat, kereta, atau bus dan bangun ketika telah tiba di tempat tujuan dengan fresh dan cukup tidur.

Beritahukan kepada rekan kerja Anda bahwa Anda akan bepergian dengan lama waktu tertentu. Jadi rekan kerja Anda dapat mempersiapkan pekerjaan-pekerjaan yang harus Anda tangani dan selesaikan. Dengan demikian deadline dan jadwal pekerjaan teman Anda juga tidak terganggu. Selain itu, sebaiknya Anda juga memberitahukan bahwa Anda tidak dapat merespon dengan cepat email masuk maupun keperluan pekerjaan yang mendadak ketika Anda sedang bepergian.
Membuat jadwal kerja ketika liburan. Contohnya, Anda menetapkan jam 10 sampai 12 malam untuk bekerja, dan pagi sampai sore untuk liburan. Patuhilah jadwal tersebut sehingga setiap hari Anda akan memiliki jam untuk menyelesaikan pekerjaan dan traveling secara bersamaan.

Membawa perlengkapan yang lengkap, seperti laptop, tablet, dan modem Wi-Fi. Ketiga perangkat ini dapat memudahkan kerja Anda ketika harus mobile.

Bekerja di saat ada kesempatan yang tepat. Contohnya, Anda dapat mengecek dan membalas email, serta melakukan percakapan bisnis ketika Anda sedang berada dalam antrian yang panjang, rekan perjalanan Anda sedang bercakap-cakap, dan saat melakukan perjalanan dari penginapan ke tempat tujuan.

Have your say