4 Perusahaan Sukses yang Memulai Bisnisnya dari Garasi dan Kamar

Perusahaan Startup (perusahaan rintisan) saat ini kita sering dengar, umumnya didirikan anak-anak muda dengan berbagai ide brilian untuk melihat peluang menjadikan bisnis. Hebatnya banyak dari mereka benar-benar mulai nol. Perusahaan besar seperti Google, Apple dan Amazon bahkan memulai bisnisnya dari garasi dan juga Facebook yang mulai dicoding dari kamar asrama.

Amazon
Pada tahun 1994, Jeff Bezos mendirikan website toko buku online Amazon. Pada saat itu, perusahaan tersebut sepenuhnya dibuat dan dijalankan dari garasi rumahnya di Kota Bellevue, Washington.

Bezos menjual buku pertamanya di bulan Juli 1995 dan berhasil menggelar penjualan saham perdana Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1997. Saat ini, Amazon merupakan perusahaan peritel online terbesar di dunia dan merambah ke bisnis lain seperti media dan wisata luar angkasa dengan perusahaan Blue Origin-nya.

Apple
Steve Jobs dan Steve Wozniak saat masing-masing berusia 21 dan 26, mendirikan Apple Computers dengan menjual 50 unit Apple I Computer buatan Wozniak. Perangkat tersebut dijual dengan harga 500 dollar AS per unit kepada peritel lokal di di Cupertino, California. Jika pernah menonton film Jobs (2013), di sana diceritakan bagaimana mereka benar-benar memulai Apple dari garasi milik orangtua Steve.

Google
Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin membuat sebuah project sampingan saat masih kuliah dari garasi milik temannya, Susan Wojcicki di Kota Menlo Park, California. Lima tahun kemudian, pada 19 Agustus 2004 mereka penawaran saham project tersebut perdananya (IPO) dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai lebih dari 1,67 miliar dollar AS. Yang awalnya merupakan project sampingan tersebut adalah yang saat ini kita kenal sebagai Google.

Facebook
Siapa yang tidak tahu Facebook, perusahaan yang didirikan oleh Zuck sapaan Mark Zukerberg ini memang dibuat bukan di garasi, namun di asrama Universitas Harvard pada tahun 2014. Facebook yang kini sudah digunakan lebih dari 1,4 miliar itu sudah mengantarkan Zuck dalam 10 besar orang terkaya di dunia. Perjalanan Zuck mendirikan Facebook juga difilmkan dalam The Social Network (2010).

Nah, belajar dari mereka bahwa memulai usaha bisa dari mana saja. Dari garasi, kamar maupun rumah pun ternyata bisa berkembang dengan pesat dengan ide, kreatif dan semangat yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Have your say