Cara Melindungi Website dari Serangan Peretas

Di era digital saat ini, website menjadi hal yang harus dimiliki oleh seorang pelaku bisnis. Karena dengan adanya website terbukti dapat meningkatkan jumlah penjualan. Website dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi baik bagi penjual maupun pembeli. Namun, meskipun website menawarkan kemudahan dan keleluasaan dalam bertransaksi, ternyata  ada sisi lain yang perlu Anda waspadai. Karena keberadaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja membuat website Anda berantakan. Oleh karena tiu, kita perlu menjaga dan selalu waspada. Apalagi di website yang Anda gunakan menyimpan data privasi konsumen dan perusahaan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya hacking pada website Anda:

Update platform/plugin website secara rutin
Platform dan plugin yang Anda gunakan di website harus up to date. Hal ini dapat menghindarkan website Anda dari serangan hacking. Platform dan plugin terbaru memiliki kemampuan security yang lebih baik dari sebelumnya. Para developer-nya telah menghilangkan berbagai bugs yang ada di platform dan plugin itu dan tentu saja yang terkait dengan celah keamanannya.

Memperkuat kontrol akses website
Memperkuat kontrol Akses yang dapat Anda lakukan misalnya dengan menggunakan nama pengguna dan password yang tidak mudah ditebak, mengganti password secara berkala, membatasi jumlah login dalam waktu tertentu, jangan mengirimkan rincian login melalui email, karena hacker bisa memperoleh rincian tersebut dengan meretas akun email.

Meningkatkan sistem keamanan jaringan
Pastikan semua perangkat yang terhubung ke jaringan internet Anda telah dipindai dari malware setiap kali mereka terpasang. Setting rute akses ke webserver dengan sandi yang sering berubah-ubah, kuat, dan belum pernah dibuat sebelumnya.

Menggunakan filrewal pada website
Installasi Web Application Firewall dapat melindungi website Anda dari serangan peretas. Firewall membuat ketetapan antara server website dengan koneksi data, dan membaca setiap bit data yang melewatinya. Firewall menyediakan tameng untuk memblokir berbagai lalu lintas data yang tidak diinginkan seperti spammer, malware dll.

Menggunakan aplikasi keamanan
Aplikasi keamanan seperti Acunetix WP Security, bisa Anda manfaatkan. Acunetix WP Security dapat menyembunyikan identitas website Anda sehingga website Anda memiliki tingkat perlindungan yang lebih baik.

Menyembunyikan Halaman Admin
Jangan sampai halaman admin website Anda terindeks oleh mesin pencari atau mudah diketahui orang lain. Gunakan file robots_txt untuk menanggulanginya. Jika halaman admin Anda tidak terindeks, maka peretas akan lebih sulit untuk masuk ke halaman admin website Anda.

Menggunakan protokol SSL
Protokol SSL saat ini sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan keamanan website mereka. Adanya protokol SSL ini membantu melindungi proses transfer informasi pribadi pengguna antara website dan database. Sehingga peretas yang tidak punya otoritas tidak bisa masuk untuk melihat lalu lintas informasi dari website ke database.

Melakukan backup secara rutin
Dengan melakukan backup secara rutin, dapat meminimalisir kehilahan data pada website Anda, apabila website Anda terjadi masalah atau diretas. Hal ini sangat dianjurkan bagi semua pemilik website.

Sembunyikan password Anda dengan mengenkripsinya
Selain menggunakan password yang kuat, diubah secara perkala, perlu juga dilakukan enkripsi password. Password yang sudah terenkripsi akan lebih menyulitkan peretas untuk masuk ke website Anda. karena mereka butuh waktu yang tidak sebentar untuk memecahkan kode enkripsi.

Atikel ini ditulis oleh Tim Stella Florist, saat ini kami juga menerima kemitraan dan membuka kursus merangkai bunga.Kemitraan dan kursus tersbut diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis florist. Untuk infomasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami.

 

 

 

 

Have your say