Tantangan dalam Berwirausaha Florist

Di dalam menjalankan wirausaha apapun produknya tentu akan menemui berbagai hambatan. Begitu juga dalan menjalankan usaha di bidang Florist. Adanya hambatan dan tantangan seharusnya tidak menjadikan Anda seorang wirausahawan di bidang Florist untuk menyerah. Hambatan di dunia wirausaha adalah hal yang wajar, justru hal inilah salah satu faktor pendorong bagi pemilik usaha untuk terus berfikir inovatif dan kreatif sehingga usaha di bidang Florist miliknya terus berkembang. Berikut beberapa hambatan yang sering ditemui oleh pemilik bisnis menjual rangkaian bunga:

  • Terbatasnya jenis rangkaian bunga yang dimiliki. Solusinya, selalu mengasah ketrampilan tentang cara merangkai bunga. Carilah informasi dengan sering membaca buku dan browsing di Internet. Anda akan mendapatkan banyak referensi cara merangkai bunga baik dari dalam maupun luar negeri.
  • Kesulitan dalam memperoleh pemasok bunga khususnya bunga-bunga yang sulit didapat. Solusinya, Perluas jaringan kerja Anda, perbanyak relasi baik dari dalam maupun luar negeri. Biasanya pemasok bunga lebih suka menjual bunga ke daerah yang banyak toko penjual bunga. Oleh karena itu, sering-sering melakukan survei ke daerah yang banyak terdapat toko penjual bunga, Anda akan mendapatkan informasi dan memperoleh sumber pemasok bunga yang lebih banyak.
  • Anda mendapatkan pelanggan yang kesulitan dalam mendeskripsikan rangkaian bunga yang ingin ia pesan. Solusinya, yang pertama Anda harus bersabar dan bemberikan pelayanan maksimal. Untuk menanggulangi hal tersebut Anda perlu memajang foto-foto hasil rangkaian bunga yang telah Anda buat di website. Foto-foto tersebut dapat menjadi rujukan bagi pelanggan Anda dalam menentukan rangkaian bunga seperti apa yang ia inginkan.
  • Menjaga kesegaran bunga agar bertahan lama. Pada umumnya bunga hanya bertahan selama delapan hari dan setelah itu akan layu. Karena itu Anda harus berusaha menjual bunga tersebut pada hari keempat atau kelima. Gunakan vas kaca bening agar bunga dapat terjaga kelembabannya, mudah terkena cahaya dan suhu pada bunga tetap stabil. Untuk menjaga kesuburan bunga dan memperpanjang umur bunga, bubuhkan garam dalam air rendaman. Khusus untuk bunga yang dapat mengeluarkan getah dari luka potongannya, tangkai bunga tersebut masukkan sejenak dalam air panas atau mengoleskan api lilin sebelum direndam di dalam air dingin. Selanjutnya dua hari sebelum bunga layu, segera lakukan pengeringan.
  • Adanya pemesanan di malam hari dan pelanggan ingin rangkaian bunga dapat selesai dalam waktu cepat. Solusinya, Anda harus belajar memanajemen hal-hal di luar dugaan. Kepiawaian dalam memanajemen hal yang terduga akan Anda dapatkan dengan sendirinya saat Anda menjalani bisnis tersebut. Karena dalam menjalankan bisnis akan menemui berbagai hal yang tidak terduga.

Atikel ini ditulis oleh Tim Stella Florist, saat ini kami juga menerima kemitraan dan membuka kursus merangkai bunga. Kemitraan dan kursus tersbut diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis florist. Untuk infomasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami.

Have your say