Cara Menjaga Kepercayaan Pelanggan Florist Anda

Di dalam dunia usaha, hubungan pemilik usaha dengan pelanggan tidak hanya sebatas menjual dan membeli kemudian selesai. Akan tetapi, perlu adanya hubungan yang lebih, seperti hubungan saling membutuhkan bahkan bila perlu kita anggap pelanggan sebagai kawan. Dengan menjadikan pelanggan sebagai kawan akan membuat hubungan Anda dan pelanggan semakin erat dan mudah dalam melakukan promosi usaha florist.

Menurut Chrish Campbell dalam buku karyanya yang berjudul How to Turn a Reviewer Into a Forever Customer ada delapan tips bagaimana mengubah pelanggan menjadi kawan. Apa saja itu? Silakan baca ulasan berikut ini:

Perhatikan Ulasan Bisnis Anda
Sediakan ruang bagi pelanggan Anda untuk mengulas bisnis florist Anda, baik dari segi pelayanan, kualitas produk maupun jasa. Ulasan dari para pelanggan tersebut kemudian Anda kaji dengan cermat. Hasil pengkajian ulasan dapat digunakan untuk memperbaiki kekurangan bisnis florist Anda sehingga pelanggan bersedia kembali membeli produk Anda. Ulasan dari pelanggan akan terus bermanfaat dan menjaga bisnis Anda tetap eksis.

Memberikan Perhatian Lebih ke Pelanggan
Saat Anda menjalin komunikasi dengan pelanggan Anda, tunjukkan betapa Anda menghargai mereka dengan menatap sepenuhnya ke arah pelanggan Anda. Ingatlah bahwa setiap orang ingin dirinya dianggap penting, relevan, dan didengarkan. Berikan tanggapan yang proaktif, fokus, dan peduli setiap kali Anda berkomunikasi dengan mereka. Hal ini akan membuat pelanggan Anda menjadi terkesan.

Memberikan Umpan Balik Kepada Pelanggan
Setelah Anda meminta pelanggan Anda memberikan ulasan tentang bisnis florist Anda, sebaiknya Anda juga memberikan umpan balik. Pelanggan Anda telah bersedia meluangkan waktu untuk Anda dan kemajuan bisnis Anda. Jadi umpan balik seperti memberikan bingkisan, produk khusus atau yang lainnya perlu Anda lakukan.

Cepat Tanggap
Sikap cepat tanggap pelu Anda miliki dan terapkan ketika ada pelanggan memberikan ulasan yang banyak mengkritik bisnis Anda karena tidak memuaskan. Segera menemui pelanggan Anda tersebut dan memberikan penjelasan yang sesuai, Bila mereka mengkritik di media sosial segera balas ulasan mereka dengan cepat. Selan itu Anda juga perlu memonitor jaringan pelanggan Anda tersebut untuk berjaga-jaga bila ada ulasan baru Anda segera mengetahuinya.

Mencari Kesukaan Pelanggan
Ketika pelanggan Anda memberikan ulasannya pada bisnis Anda, perlu Anda perhatikan hal-hal positif yang mereka sukai terhadap produk yang Anda miliki. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk perencanaan pembuatan produk berikutnya yang pastinya lebih menarik dan disukai oleh pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda akan menjadi setia pada produk-produk Anda.

Mintalah Pelanggan Anda untuk Kembali lagi
Ya… sebelum pelanggan Anda beranjak dari tempat bisnis Anda, mintalah mereka untuk kembali lagi dilain hari guna membeli produk Anda lagi. Ucapkanlah kalimat ajakan tersebut dengan cara yang semenarik mungkin, informatif, dan tentunya harus persuasif. Ucapan ini, dapat menarik pelanggan secara tidak sadar untuk berkunjung kembali membeli produk Anda.

Mengucapkan Terima Kasih dengan Tulus
Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan yang telah bersedia membeli produk Anda dan memberikan ulasan terhadap bisnis florist Anda. Ucapkanlah dengan tulus dan ikhlas. Kemudian tunjukkan bahwa ulasan yang mereka berikan benar-benar Anda terapkan dalam menjalankan bisnis Anda.

Memaksimalkan Ulasan Bisnis oleh Pelanggan
Anda dapat mengumpulkan banyak ulasan dari pelanggan Anda baik langsung maupun melalui media sosial. Anda dapat membuat kompetisi bagi pelanggan Anda. Siapa yang memberikan ulasan terbaik bisa Anda kasih harga disko, promo, atau hadia lainnya. Hal ini dapat menarik pelanggan Anda untuk berkunjung ke lapak atau media sosial Anda berulang kali.

Have your say