Cara Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Di dalam menjalankan bisnis menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Membangun komunikasi yang tepat dengan pelanggan dapat menjaga kelangsungan hidup usaha Anda. Kenapa? Karena pelanggan adalah sumber penghasilan Anda, bukan? Komunikasi Anda dengan pelanggan dapat dibangun melalui media social, email, blog, dan telepon.

Sayangnya sampai saat ini masih banyak pelaku usaha yang kurang memperhatikan hal ini. Mayoritas dari mereka lebih suka menjalin komunikasi dengan orang yang memiliki kedudukan dan ingkat social yang tinggi. Padahal baik orang biasa maupun orang berkedudukan semuanya sa-sama pelanggan. Berkut ini ada 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki komunikasi yang harmonis dengan semua pelanggan Anda:

Menyusun strategi komunikasi
Buatlah panduan khusus cara berkomunikasi dengan pelanggan bagi dari segi suara, gaya bicara, dan tata bahasa. Panduan ini juga bisa Anda terapkan kepada karyawan pada saat mereka menghadapi pelanggan. Berkomunikasi dengan pelanggan harus ramah, sopan, tata bahasa mudah untuk dimengerti, menghormati lawan bicara, dan terbuka.

Menyusun Strategi Pemasaran
Setelah Anda mulai membuka bisnis dan meluncurkan produk, Anda tentu ingin merek dan produk dari bisnis Anda dikenal oleh konsumen, bukan? Di era digital ini hal itu sudah tidak sulit lagi. Anda dapat memanfaatkan media social seperti Instagram, Whatsapp, Fanpage Facebook dll. Selain memasang iklan di media social, Anda akan langsung menjaring banyak calon konsumen. Mereka yang aktif di media sosial akan melihat iklan produk Anda dan apabila tertarik mereka akan mengikuti media sosial Anda tersebut. Selanjutnya komunikasi bisa Anda bangun sesuai strategi bisnis Anda.

Memanfaatkan semua jenis komunikasi
Setelah merek dan produk Anda sudah dikenal konsumen di media social, lanjutkan dengan membuat website tentang bisnis Anda. Pelihara website dengan baik, bila ada yang mengisi komentar segera balas dengan secepat mungkin dengan ramah. Taruh juga alamat email, nomor telepon serta alamat lengkap tempat usaha Anda di website tersebut. Dengan demikian konsumen akan mudah untuk menjalin komunikasi dengan Anda setiap saat.

Have your say